Blog Ini Masih PR 3

Alahamdulillah , setelah lama-lama di tunggu, kini mbah google ngitung-itung PR juga , dan makasih sama teman saya (blogputra.com) yang malam-malam datang sambil ngomongin bisnis, he hehehehe bisnismen, datang ke rumah sambil ketawa-ketawa nggak jelas bilang, “ ha ha ha hari ini update ki !” aku langsung bingung juga kan , tapi dia langsung bilang PR ku naik, jadi 5
, . , , , ngalahkan radityadika.com,,.,,,, (emang idolanya putra tu ya mas radit tu) , ,, ,setelah itu aku Tanya PR ku, katanya juga masih tetap 3, tapi lumayan . . . daripada 1 atau 2, lebih parah kalo sampai 0. . . . . hehehehe. . . itu aja dulu ah, , , , mau siap-siap UN ne, , , gila bimbelnya bikin kepala pusing 7 keliling, , , , Selengkapnya...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara Memulai Pidato

(Dale Carnegie, Cara mencapai sukses dan memperluas pengaruh dan Pandai Berbicara)
halaman 180 – 181 – disarikan bebas)

1. Pendahuluan (Kata pengantar) dalam pidato adalah hal yang sukar namun sangat perlu karena pendengar memerlukan suatu semangat segar untuk mendengarkan pidato tersebut.

2. Kata pengantar yang paling baik adalah singkat, terdiri dari beberapa kalimat.

3. Biasanya orang yang baru belajar berpidato berusaha mengemukakan suatu cerita lucu untuk mengawali pidatonya. Atau mereka mengajukan alasan alsan supaya dimaafkan, kalau salah. Hanya sedikit saja orang yang bisa menghasilkan pidato yang lucu dan humoristis. Biasanya bila tidak dengan baik humor ini disampaikan, maka pendengar akan bingung.
Humor hanyalah hiasan, dan jangan minta maaf
4. Pembicara dapat menarik perhatian pendengar dengan:
a. Menimbulkan perasaan ingin tahu
b. Menceritakan pengalaman yang menarik
c. Memberikan contoh yang tepat
d. Memperlihatkan suatu benda
e. Mengajukan pertanyaan
f. Mengutip perkataan dari orang terkenal
g. Menunjukkan bahwa pidato itu penting bagi pendengar
h. Menyebutkan peristiwa peristiwa yang menggemparkan

SUMBER


Selengkapnya...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bilangan Kuantum

Baru aja tadi belajar kimia, n langsung mau di postingin, mau lanjut ???
ini,

Untuk menentukan kedudukan suatu elektron dalam atom, digunakan 4 bilangan kuantum.

1. Bilangan kuantum utama (n): mewujudkan lintasan elektron dalam atom.

n mempunyai harga 1, 2, 3, .....

- n = 1 sesuai dengan kulit K
- n = 2 sesuai dengan kulit L
- n = 3 sesuai dengan kulit M
- dan seterusnya

Tiap kulit atau setiap tingkat energi ditempati oleh sejumlah elektron. Jumlah elektron maksimmm yang dapat menempati tingkat energi itu harus memenuhi rumus Pauli = 2n2.

Contoh:

kulit ke-4 (n=4) dapat ditempati maksimum= 2 x 42 elektron = 32 elektron

2. Bilangan kuantum azimuth (l) : menunjukkan sub kulit dimana elektron itu bergerak sekaligus menunjukkan sub kulit yang merupakan penyusun suatu kulit.

Bilangan kuantum azimuth mempunyai harga dari 0 sampai dengan (n-1).
n = 1 ; l = 0 ; sesuai kulit K
n = 2 ; l = 0, 1 ; sesuai kulit L
n = 3 ; l = 0, 1, 2 ; sesuai kulit M
n = 4 ; l = 0, 1, 2, 3 ; sesuai kulit N
dan seterusnya

Sub kulit yang harganya berbeda-beda ini diberi nama khusus:

l = 0 ; sesuai sub kulit s (s = sharp)
l = 1 ; sesuai sub kulit p (p = principle)
l = 2 ; sesuai sub kulit d (d = diffuse)
l = 3 ; sesuai sub kulit f (f = fundamental)

Bilangan kuantum magnetik (m): mewujudkan adanya satu atau beberapa tingkatan energi di dalam satu sub kulit. Bilangan kuantum magnetik (m) mempunyai harga (-l) sampai harga (+l).

Untuk:

l = 0 (sub kulit s), harga m = 0 (mempunyai 1 orbital)
l = 1 (sub kulit p), harga m = -1, O, +1 (mempunyai 3 orbital)
l = 2 (sub kulit d), harga m = -2, -1, O, +1, +2 (mempunyai 5 orbital)
l = 3 (sub kwit f) , harga m = -3, -2, O, +1, +2, +3 (mempunyai 7 orbital)

4. Bilangan kuantum spin (s): menunjukkan arah perputaran elektron pada sumbunya.
Dalam satu orbital, maksimum dapat beredar 2 elektron dan kedua elektron ini berputar melalui sumbu dengan arah yang berlawanan, dan masing-masing diberi harga spin +1/2 atau -1/2.

Pertanyaan:

Bagaimana menyatakan keempat bilangan kuantum dari elektron 3s1 ?

Jawab:

Keempat bilangan kuantum dari kedudukan elektron 3s1 dapat dinyatakan sebagai,
n= 3 ; l = 0 ; m = 0 ; s = +1/2 ; atau -1/2


SUMBER

Selengkapnya...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bukan Hanya Saya Tetapi Kita Semua

Perubahan Iklim global yang kita rasakan merupakan sebuah malapetaka, dari pengaruh perubahan iklim yang telah kita rasakan sekarang, tidak lain berasal dari manusia sendiri yang terus menerus menggunakan bahan bakar yang berasal dari batu bara, minyak bumi dan juga gas bumi.

Yang telah kebanyakan orang ketahui selama ini, bahwa sebagian dari akibat pemanasan global adalah mencairnya es di kutub , meningkatnya suhu lautan yang menyebabkan pemutihan karang sebagai tempat berkembangbiaknya banyak binatang air, penyebaran wabah penyakit berbahaya, banjir besar dimana-mana, dan gelombang badai besar. Tentunya kita tahu, pihak mana saja yang dirugikan atas berbagai hal ini, seperti negara-negara kepulauan , pesisir pantai dan negara-negara yang kurang berkembang seperti Asia Tenggara khususnya Indonesia sebagai negara kepualauan.

Selama bertahun-tahun manusia telah melepaskan gas rumah kaca, gas yang paling dominan adalah uap air (H2O), kemudian disusul oleh karbondioksida (CO2). gas rumah kaca yang lain adalah metana (CH4), dinitro-oksida (N2O), ozone (O3) dan gas-gas lain dalam jumlah yang lebih kecil ke atmosfir . Semakin tinggi konsentrasi gas rumah kaca maka semakin banyak radiasi panas dari bumi yang terperangkap di atmosfer dan dipancarkan kembali ke bumi. Hal ini menyebabkan peningkatan suhu di permukaan bumi. Peningkatan suhu iklim juga bisa dikarenakan peningkatan radiasi matahari, namun efeknya relatif sangat kecil daripada menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil, batubara, gas dan minyak bumi. Hal ini tentu mempengaruhi keadaan atmosfir dan mengakibatkan kenaikan suhu iklim dunia, dan juga dapat mengakibatkan perubahan iklim yang tidak bisa kita prediksi dan juga mematikan bagi kehidupan manusia.

Lalu Bagaimana keadaan perubahan iklim yang ada di Indonesia? kondisi perubahan Iklim di Indonesia menempatkan Indonesia dalam posisi ke tiga dalam negara yang mempunyai jumlah emisi gas rumah kaca tertinggi di dunia dengan deforestasi, degradasi lahan gambut dan kebakaran hutan yang telah terjadi di Indonesia. Emisi dari sektor deforestasi menempatkan Indonesia dan kebakaran hutan mencapai jumlah lima kali lebih besar dari emisi sektor non-hutan dan juga tidak tertinggal dari sektor industri yang mempunyai emisi yang masih rendah, tetapi angka pertumbuhannya yang semakin cepat.
Pada saat yang bersamaan Indonesia mengalami kerugian yang signifikan karena perubahan iklim yang dikarenakan keberadaannya yang berada di negara kepulauan, oleh karena itu , Indonesia semakin mudah terkena dari dampak perubahan Iklim. Kekeringan yang semakin panjang, cuaca ekstrim yang semakin sering, dan curah hujan tinggi yang berujung pada bahaya banjir besar,semuanya merupakan contoh dari dampak perubahan iklim. Terendamnya sebagian daratan Indonesia, seperti yang terjadi di Teluk Jakarta yang telah dimulai. Demikian pula dengan keadaan banyaknya keberagaman spesies hayati yang berada di Indonesia juga akan menghadapi resiko yang sagat besar. Dan setelah pada gilirannya, hal ini akan membawa efek yang besar yang dapat merugikan berbagai sektor yang ada di Indonesia, seperti sekor pertanian, perikanan dan kelautan, dan berujung pada adanya ancaman atas ketersediaan pangan dan penghidupan di Indonesia.


Pemanasan global akan meningkatkan temperatur, memendekkan musim hujan dan meningkatkan intensitas curah hujan, yang tentu akan mempengaruhi sektor pertanian karena menurunkan tingkat kesuburan tanah sampai 8 % dan sekarang kita telah melihat dan merasakannya seperti naiknya harga cabai yang di karenakan banyak faktor yang salah satunya adalah akibat dari perubahan iklim tentu hal itu lama kelamaan akan mengancam ketersediaan pangan. Selain dari menurunkan sektor pertanian, pemanasan global juga menaikkan level air laut dan menggenangi daerah pesisir yang dapat digunakan sebagai lahan pertanian. Bukan hanya itu saja, pemanasan global juga meningkatkan dampak yang lebih buruk dari wabah penyakit yang ditularkan melalui air atau nyamuk yang dikarenakan meningkatnya kenaikan temperatur dan juga mutasi dari virus demam berdarah dan ini mengakibatkan semakin sulitnya penanganan kasus demam berdarah dan akan menimbulkan lebih banyak korban jiwa. Serta juga mengancam dari segi kesehatan, yaitu menurunnya kinerja paru-paru yang disebabkan semakin panasnya udara yang masuk ke paru-paru dan dapat mengakibatkan masalah pada kesehatan.
Dengan banyaknya masalah tersebut, dampak yang paling besar adalah pada kita sebagai makhluk hidup yang hidup di bumi. Tentunya kita tahu bahwa kita tidak dapat mengatasi masalah perubahan iklim ini sendiri, tetapi harus di lakukan dengan bekerjasama dengan semua orang.

Selanjutnya, apa yang dapat kita lakukan ?
Yang pertama adalah dengan “satu orang satu pohon”, karena lingkungan dengan banyak tanaman akan mengikat karbondioksida dengan baik, dan akan menghasilkan oksigen untuk kebutuhan hidup manusia.
Yang kedua adalah dengan ingat “ingat sampah ingat 4R” yaitu, reduce (mengurangi pemakaian), reuse (memakai lagi), recycle (mendaur ulang), dan replant (menanam kembali), karena langkah ini merupakan langkah yang tepat yang bisa kita lakukan unutk menyelamatkan bumi.
Yang ketiga adalah mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan menggantinya menggunakan kendaraan umum, karena pemasok utama emisi gas rumah kaca adalah kendaraan dan alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan sepeda, lebih hemat bukan.

Dan yang terakhir adalah dengan “KESADARAN”, Satu hal yang sangat penting selain hal-hal yang dapat kita lakukan di atas adalah keinginan dan motivasi kita sendiri untuk berubah. Jadilah contoh yang nyata dan mengajak semua pihak untuk menyelamatkan Bumi dari ancaman pemanasan global dan perubahan iklim. Berilah mereka dorongan untuk mencoba pola hidup baik yang akan menyelamatkan Bumi kita ini.
Selengkapnya...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

CAHAYA

Ini adalah Pelajaran kelas 3 sma, yang sangat sulit aku mengerti , kalo mau baca, mending baca-baca aja samapi kepala kamu pusing seperti saya, Selamat Memusingkan Diri : ^_^

Sifat Gelombang Cahaya
Cahaya merupakan gelombang transversal yang termasuk gelombang elektromagnetik. Cahaya dapat merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan 3 x 108 m/s.

Sifat2 cahaya :



Dapat mengalami pemantulan (refleksi)
Dapat mengalami pembiasan (refraksi)
Dapat mengalami pelenturan (difraksi)
Dapat dijumlahkan (interferensi)
Dapat diuraikan (dispersi)
Dapat diserap arah getarnya (polarisasi)
Bersifat sebagai gelombang dan partikel

Pemantulan Cahaya
Hukum Pemantulan Cahaya
Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
Sudut datang (i) = sudut pantul (r)

Pemantulan pada Cermin Datar
Sifat pembentukan bayangan pada cermin datar :
Jarak bayangan ke cermin = jarak benda ke cermin
Tinggi bayangan = tinggi benda
Bayangan bersifat tegak dan maya, dibelakang cermin

Pemantulan pada Cermin Cekung
Sinar-sinar Istimewa pada cermin Cekung :
Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus.
Sinar datang melalui titik fokus dipantulkan sejajar sumbu utama.
Sinar datang melalui pusat kelengkungan cermin dipantulkan melalui titik itu juga.

Sifat Bayangan :
a. Bila benda di ruang I, maka c. Bila benda di ruang III, maka
Bayangan di ruang IV Bayangan di ruang II
Maya, tegak, diperbesar Nyata, terbalik, diperkecil
b. Bila benda di ruang II, maka
Bayangan di ruang III
Nyata, terbalik, diperbesar

Sinar-sinar Istimewa pada cermin Cembung :
Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan seolah-olah berasal dari titik fokus.
Sinar datang melalui titik fokus dipantulkan sejajar sumbu utama.
Sinar datang melalui pusat kelengkungan cermin dipantulkan melalui titik itu juga.

Sifat Bayangan :
Maya, tegak, diperkecil.

Perhitungan Pembentukan Bayangan

Contoh :
Sebuah benda berdiri tegak 10 cm di depan cermin cembung yang mempunyai titik fokus 30 cm. Jika tinggi bendanya 2 m, tentukanlah tinggi bayangan yang terbentuk dan perbesaran benda.

Pembiasan pada Lensa Cembung
Sinar-sinar Istimewa pada Lensa Cembung :
Sinar sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus.
Sinar melalui titik fokus dipantulkan sejajar sumbu utama.
Sinar datang melalui titik pusat optik tidak dibiaskan.

Sifat Bayangan :
a. Bila benda di ruang I, maka
Bayangan maya (di depan lensa), tegak, diperbesar
b. Bila benda di ruang II, maka
Bayangan nyata (dibelakang lensa), terbalik, diperbesar
c. Bila benda di ruang III, maka
Bayangan nyata, terbalik, diperkecil

Pembiasan pada Lensa Cekung
Sinar-sinar Istimewa pada Lensa Cekung :
Sinar sejajar sumbu utama dibiaskan seolah-olah berasal dari titik fokus.
Sinar datang seolah-olah menuju titik fokus dibiaskan sejajar sumbu utama.
Sinar datang melalui pusat optik tidak dibiaskan.

Sifat Bayangan :
Maya, tegak, diperkecil.

Contoh :
Sebuah lensa cembung-cembung mempunyai jari2 kelengkungan 15 cm dan 10 cm, dengan indeks bias 1,5. Bila lensa itu berada di udara yang mempunyai indeks bias 1, tentukan jarak fokus lensa tsb.
Contoh :
Sebuah lensa cekung-cekung mempunyai jarak fokus 50 cm, tentukan kekuatan lensa.
Interferensi Cahaya
Adalah perpaduan dari 2 gelombang cahaya.
Agar hasil interferensinya mempunyai pola yang teratur, kedua gelombang cahaya harus koheren, yaitu memiliki frekuensi dan amplitudo yg sama serta selisih fase tetap.

Pola hasil interferensi ini dapat ditangkap pada layar, yaitu
Garis terang, merupakan hasil interferensi maksimum (saling memperkuat atau konstruktif)
Garis gelap, merupakan hasil interferensi minimum (saling memprlemah atau destruktif)
Syarat interferensi maksimum
Interferensi maksimum terjadi jika kedua gel memiliki fase yg sama (sefase), yaitu jika selisih lintasannya sama dgn nol atau bilangan bulat kali panjang gelombang λ.
Bilangan m disebut orde terang. Untuk m=0 disebut terang pusat, m=1 disebut terang ke-1, dst. Karena jarak celah ke layar l jauh lebih besar dari jarak kedua celah d (l >> d), maka sudut θ sangat kecil, sehingga sin θ = tan θ = p/l, dgn demikian
Dengan p adalah jarak terang ke-m ke pusat terang.

Pada suatu percobaan YOUNG, jarak antara 2 celah d = 0,25 mm sedangkan jarak celah ke layar l = 1 m. Jarak garis gelap kedua ke pusat pola interfernsi pada layar adalah p = 3 mm. Tentukan :
Panjang gelombang cahaya yg digunakan
Jarak garis terang ketiga dari pusat
Jarak garis terang ketiga dari pusat jika percobaan Young dicelupkan dalam air yg indeks biasnya 4/3.

Difraksi
Jika muka gel bidang tiba pada suatu celah sempit (lebarnya lebih kecil dari panjang gelombang), maka gel ini akan mengalami lenturan sehingga terjadi gel2 setengah lingkaran yg melebar di belakang celah tsb. Gejala ini dikenal dgn peristiwa difraksi.

Celah tunggal selebar 0,12 mm disinari cahaya monokromatik sehingga menghasilkan jarak antara gelap kedua dan terang pusat 15 mm. Jika jarak layar dengan celah adalah 2 m, berapa panjang gelombang cahaya yg digunakan?

. Alat-alat Optik
Mata
Lup
Mikroskop
Teropong

Mata
Memiliki sebuah lensa yg berfungsi sbg alat optik.
Mata mempunyai penglihatan yang jelas pada daerah yang dibatasi oleh dua titik yaitu titik dekat/ punctum proximum (titik terdekat yg masih dapat dilihat jelas oleh mata yg berakomodasi sekuat2nya) dan titik jauh/punctum remotum (titik terjauh yg masih dapat dilihat jelas oleh mata yg tak berakomodasi)

Mata Normal
Pada mata normal (emetropi) letak titik dekat (PP) terhadap mata sekitar 25 cm, sedang letak titik jauh (PR) terhadap mata adalah ~. Mata normal ini dapat melihat dg jelas suatu benda yg letaknya jauh maupun dekat.
Benda jauh dilihatnya dg mata tak berakomodasi, sedang benda dekat dilihatnya dg mata berakomodasi.

Cacat Mata
Rabun dekat (hipermetropi) Rabun Jauh (miopi)
Tidak mampu melihat benda2 dekat Tidak mampu melihat benda2 jauh
Titik dekatnya > 25 cm Titik dekatnya = 25 cm
Titik jauhnya ~ Titik jauhnya < ~ Dibantu dg kacamata positif Dibantu dg kacamata negatif Tentukan kekuatan lensa kacamata yg diperlukan oleh seseorang yg mempunyai titik dekat 40 cm, supaya orang tsb dapat membaca sebagaimana halnya orang normal. Seorang anak mempunyai titik jauh 4 m. Supaya anak tsb dapat melihat benda2 jauh dg normal, tentukan kekuatan lensa kacamata yg diperlukan. Lup Menggunakan sebuah lensa cembung. Untuk melihat benda2 kecil sehingga tampak lebih besar dan jelas. Sifat Bayangan : Maya (didepan lup), tegak, diperbesar. Mikroskop Untuk melihat detail benda lebih jelas dan lebih besar. Menggunakan 2 lensa positif, sebagai lensa objektif dan lensa okuler. Sebuah preparat diletakkan 1 cm di depan lensa objektif dari sebuah mikroskop. Jarak fokus lensa objektifnya 0,9 cm, jarak fokus lensa okuler 5 cm. Jarak antara kedua lensa tsb 13 cm. tentukan perbesaran oleh mikroskop tsb. Teropong Bintang Menggunakan 2 lensa positif. Beda teropong bintang dg mikroskop : mikroskop : fob <>> Fok
letak benda di jauh tak berhingga

Teropong Bumi
Menggunakan 3 lensa positif, sebagai lensa objektif, pembalik dan okuler.

Teropong Panggung
Menggunakan 2 lensa; lensa objektifnya positif, lensa okulernya negatif.

Sebagai Contoh:
Teropong bintang dg jarak fokus objektifnya 4 m dan jarak fokus okulernya 4 cm, tentukan perbesaran bayangan yg dihasilkan masing2 untuk mata tak berakomodasi dan mata berakomodasi maksimum.
Selengkapnya...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Next Prev home
Learn, Fill The Blank and Enjoy The Blog, Don't Forget To Leave Comment. by Rocky Sahbas Fauzy