Menyibak "Di Balik" Lagu Lingsir Wengi


Niatnya sih mau lanjut buat lampiran untuk skripsi , tapi nggak tau kenapa malah kepengen browsing mulai dari baca2 berita science, isis, sampai gak karuan kemana dan akhirnya nemu suatu berita yang judulnya “makna di balik lingsir wengi” di dalam tusan itu di kupas apa sih makna lagu lingsir wengi sebenarnya, sebenarnya lagu it utu maknanya sangat dalam dan di buat oleh salah seorang dari wali songo sewaktu melakukan penyebaran Islam di tanah jawa dimana lirik dan artinya nya adalah sebagai berikut :

Lingsir Wengi
Lingsir wengi
Sepi durung biso nendro
Kagodho mring wewayang
Kang ngreridhu ati
Kawitane
Mung sembrono njur kulino
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno
Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi
Nandang bronto
Kadung loro
Sambat-sambat sopo
Rino wengi
Sing tak puji ojo lali
Janjine mugo biso tak ugemi

yang dalam bahasa indonesianya kira-kira seperti ini


Menjelang Tengah Malam
saat menjelang tengah malam
sepi tidak bisa tidur
tergoda bayanganmu
di dalam hatiku
permulaanya
hanya bercanda kemudian terjadi
tidak mengira akan jadi cinta
kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku
menderita sakit cinta(jatuh cinta)
aku harus mengeluh kepada siapa
siang dan malam
yang saya cinta jangan lupakan ku
janjinya kuharap tak diingkari

Namun demikian, lagu yang satu ini tentu saja masih memberikan kesan merinding bagi banyak orang yang mendengarkannya. Bukan hal yang mustahil apabila lagu tersebut juga akan memberikan sebuah efek yang sangat signifikan .Namun di sisi lain, lagu ini juga bermakna karena mengajarkan manusia untuk bersabar dalam menjalani cobaan hidup. Semua cobaan hidup tersebut pasti datang dari segala penjuru baik itu dari setan, jin, maupun dari sesama manusia itu sendiri. Lalu apa fungsi dari lagu ini sebenarnya? Beberapa orang mengatakan bahwa lagu lingsir wengi ini merupakan sebuah lagu yang bertujuan untuk mengingatkan manusia agar mereka selalu dekat dengan yang kuasa dan bebas atau terhindar dari bencana. Tentunya semua orang ingin bebas dari bencana dan inilah salah satu penerapan yang bisa dilakukan. Dengan mendekatkan diri kepada yang kuasa maka sudah pasti semua masalah yang dihadapi akan sirna dengan segera. Inilah yang membuat beberapa orang juga melantunkan lagu tersebut dalam rangka membuat mereka lebih tenang dan damai dalam hal batin.

Saya baca juga kalo dulu lagu ini sering di nyanyikan oleh ibu ibu di jawa khususnya (gak kebayang kan kalo ibu2 sulawesi/daerah timur lain yg nyanyikan pake logat mereka) untuk lagu pengantar tidur anak mereka karena saat itu belum ada lagu nina bobo #loh *_* .

Namun karena “image” yang ada di masyarakat sekarang adalah lagu tersebut jika di nyanikan pada tengah malam dapat mengundang KUNTILANAK. Kebayang gak seremnya, serem banget kan , enak2 nyanyi / denger lagunya tiba-tiba ada kuntilanak ikut nimbrung. TAPI kesereman itu masih kalah serem lagi dengan Lagu Lingsir wengi yang beredar di dunia maya, kebayang gak kalo lagu asli pake lagu dan alunan jawa yang alus saja bisa mendatangkan kuntilanak yang yyaaa. Begitulah.. tetapi di hasil pencarian google ada berbagai versi lagu lingsir wengi dintaranya adalah

Lingsir wengi om didi kempot

Lingsir wengi versi koplo + rege

Lingsir wengi versi dangdut

Sampai Lingsir wengi versi METAL COVER
*lagu di atas silahkan di googling sendiri :P

Bayangkan jika kita mendengar lingsir wengi versi jawa yang halus dan yang datang kuntilanaknya pake baju putih dan rambut panjang (lebih sopan dari ABG zaman sekarang) bayangkan lagi jika lagu yang di dengar punya om didi kempot  kira2 kuntilakanya yang “versi” gimana lagi ya? Atau gak lagu lingsir wengi versi komplo n rege , apakah kuntilakanya nanti yang datang yang pakaiannya kaya anak di “panggung” dangdut koplo atau kaya anak2 rastamania merah kuning ijo, dan ini yang lebih serem lagi , kalo lagunya versi Cover metal mungkin kuntilanak yang datang pakaiannya kaya personil slipknot semua, njiirrr… itu lebih seremmmm…  
Itu aja sudah sedikit ide yang keluar gara2 baca tulisan “di balik lingsir wengi” mau lanjut ngukir skripsi lagi, revisi lagi… sambil denger lingsir wengi pake berbagai versi tadi di daftar putar winamp :P ..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ijinkan Saya Berbagi cara membuatnya. Silahkan Mampir ya...

Let's me Share How to Made cara membuat.
Thanks

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Next Prev home
Learn, Fill The Blank and Enjoy The Blog, Don't Forget To Leave Comment. by Rocky Sahbas Fauzy