Teknik Lab : Menjaga Keselamatan dan Tata kelola Lab SMA

1. Mengapa Keselamatan Kerja Di Lab Perlu Dijaga?
Jawab : keselamatan kerja sangat peerlu dijaga karena pada saat bekerja di lab, khususnya di lab kimia yang dimana praktikan berhadapan langsung dengan bahan kimia yang mempunyai berbagai sifat yang dapat mempengaruhi keselamatan dari praktikan yang ada dalam lab kimia tersebut. Sebelum masuk dalam lab, khususnya masuk ke dalam lab kimia, sebaiknya praktikan menganal berbagai bahan, sifat bahan serta cara penanggulangan jika terjadi kecelakaan dengan bahan kimia yang ada dalam lab tersebut. Serta kita juga harus tahu langkah pertama jika lab tersebut mengalami kecelakaan yang terjadi di dalam lab, sehingga praktikan yang berkerja dalam lab dapat menyelamatkan diri.

2. Buatlah Tata Kelola Lab Kimia Di Sekolah Menengah Atas! 
 Jawab : Tata kelola Lab Kimia di sekolah menengah atas : Tata kelola lab kimia pada sekolah menangah pertama tentunya harus ada petugas yang bertanggungjawab dan juga mengerti berbagai tindakan jika terjadi sesuatu dalam laboratorium tersebut. pengelola laboratorium sebaiknya menyiapkan rencana dari tata letak, ruangan, serta bahan dan alat yang dibutuhkan untuk praktikum yang akan dilakukan. Ruangan yang dipakai untuk praktikum, pada sekolah menengah atas, ruangan yang dibutuhkan adalah ruangan penyimpanan bahan, ruangan untuk menimbang bahan kimia, dan jika memungkinkan ruangan gelap dan ruang asam tetapi terkadang pada sekolah menengah atas tidak ada ruangan seperti ruangan asam dan gelap, tetapi hanya ada ruang untuk menyimpan bahan kimia serta lemari-lemari untuk menyimpan alat-alat kimia. Sesudah laboratorium jadi, petugas atau penanggungjawab menyiapkan atau menyusun Struktur organisasi , Administrasi lab, gudang , Pengaturan jadwal kegiatan lab, Tata tertib laboratorium , Cara merawat dan menyimpan alat dan bahan dan Cara umum untuk mencegah kebakaran dan rencana pengadaan alat dan bahan yang menunjang praktikum. Lalu mengadakan perlegkapan yang dibutuhkan dalam lab, seperti perabotan, alat peraga, perkakas, kotak P3K, alat pembersih serta jika bisa terdapat kumpulan buku catalog dan buku petunjuk lalu semuanya lengkap tertulis datanya pada administrasi labolatorium. Setelah semunya siap untuk dipakai, pihak petugas atau yang bertanggungjawab harus tahu kedaan alat dan bahan kimia, peletakan bahan kimia , peletakan alat kimia dan juga mengecek secara berkala dari semua inventaris yang ada dalam laboratorium kimia tersebut.

P.S : 

-Untuk temen-temen gue yang mau ikut, jangan kopas 100% , tetapi di olah/dilengkapi lagi yang ini :P, karena ini pemikiran gue, tanpa lihat2 di google, soalnya di google sulit carinya :P 
 --jika masih kurang tolong perlengkap dengan memasukkan ke kotak komentar :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Ari veaver mengatakan...

:10

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Next Prev home
Learn, Fill The Blank and Enjoy The Blog, Don't Forget To Leave Comment. by Rocky Sahbas Fauzy