Memperbaiki Boot.ini Yang Rusak

Nah ini adalah pengelaman yang sangat berharga bagi kamu yang punya kolputer dengan sistem operasi windows xp, nah langsung saja.,. ceritanya gini :
aku pergi ke my computer dan memili properti lalu pilih tap advance dan memilih setingan setup dan recovery lalu ku edit dan ku edit file boot.ini dalam bentuk notepad. lalu tanpa pikir panjang aku langsung mengedit file boot.ini dalam bentuk notepad ini lalu aku menghapus beberapa kata di situ dan aku simpan nah waktu aku simpan dan pergi ke run dan mengetikkan msconfig dan ok lalu aku pilih tab boot.ini nah langsung eror gara-gara aku ngedit lagi dan ku coba restar. detik demi detik aku tunggu lalu layar komputer mengeluarkan kata-kata yang artinya BOOT.ini kamu rusak nah aku langsung bingung, dalam kepalaku hanya ada kata INSTAL ulang, instal Ulang, dan instal ulang. lalu aku ambil HP dan membuka opera mini dan cari di google dengan kata kunci "cara memperbaiki Boot.ini yang rusak, setelah aku buka beberapa situs yang dapat membantu lalu aku ikuti caranya. tapi ada satu cara yang gak aku pake pada saat membaca tulisan di situs tersebut, langsung aja deh caranya :
1. seting pada komputer untuk booting
2. kalo udah masuukan kaset XP kamu untuk Booting
3. Tunggu proses booting
4. lalu ada perintah langsung instal XP, Repair, dan keluar
5. Pilih Repair
6. Nanti ada layar perintah Cukup tekan angka 1 (kalo itu windows dan ada keterangannya kok) dan akan diminta untuk memasukkan password adminstrator. Anda kemudian akan dibawa ke prompt Recovery Console.
7. lalu ketikkan bootcfg dan pilih pilihan di bawah ini yaitu:
/Add -- Memindai disk untuk semua instalasi Windows dan memperbolehkan anda untuk menambahkan yang baru pada file Boot.ini
/Scan -- Memindai disk untuk semua instalasi Windows
/List -- Daftar setiap entry pada file Boot.ini
/Rebuild -- Membuat kembali file Boot.ini secara total dimana pengguna harus mengkonfirmasi setiap langkahnya.
/Redirect -- Mengalihkan proses boot ke sebuah port ketika menggunakan fitur Headless Administration. Redirect parameter-nya membutuhkan dua parameter, [Port Baudrate] | [UseBiosSettings].
/Disableredirect -- Mematikan pengalihan.



Lalu ketik aja bootcfg /scan dan tunggu.,..,
8. sampai mana tadi? o iya sampai nunggu.,.,. kalo udah ketikkan
bootcfg /add (LIAT GAMBAR DI ATAS)
masukkan nama dan keterangan Boot windows yang kamu buat (kalo aku bikin 2, biar nanti kalo yang satu gak bisa nanti satu lagi bisa)
9. lalu ketik exit dan enter
10. setting bios agar tidak booting lagi dan jangan lupa keluarkan dulu kaset XP tadi (itu insya allah 95% bisa masuk)
11. kalo udah masuk ganti isi file boot.ini dengan isi defaultnya tapi dengan jalan, pergi ke run dan ketikkan file:///C:/boot.ini dan hapus semua isi dalam file boot.ini dan ganti dengan yang default yang ini

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Microsoft Windows XP Professional" /NOEXECUTE=OPTIN /FASTDETECT /USEPMTIMER

kalo udah simpan dan restar aja kalo mau buktinya,.,.,
makasih udah mampir dan jangan lupa komen kalo udah bisa.^_^

Tambahan: Kalo kamu udah sering main di prompt recovery console. maka kamu akan ngerti banget kalo Cuma Liat gambar di atas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Farid Wirawan-Andro mengatakan...

fan gk da cara lain soalnya CD drive saya tussle
katanya searching record boot CD ....not found

gmana ni

Rocky Sahbas Fauzy mengatakan...

@farid: os yang kmau pake apa? kalo win 7 ntar otomatis baikin boot nya , , kita sisa masukkan boot menu (F8) habis bios screen kita,,, sebelum ada lambang windows 7 keluar...

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Next Prev home
Learn, Fill The Blank and Enjoy The Blog, Don't Forget To Leave Comment. by Rocky Sahbas Fauzy